Skip navigation

 

Maros, 09-11 Mei 2012 .  Jambore UPK  merupakan suatu kegiatan Program PNPM  untuk meningkatkan kapasitas Unit Pengelola Kegiatan, rutin dilaksanakan satu kali dalam setahun. Kegiatan ini juga dapat menjadi  tolak ukur kinerja Unit Pengelola Kegian sebagai pelaku PNPM di tingkat Kecamatan.

Salah satu hal yang akan di reviuw di Jambore ini adalah  perkembangan Kelompok SPP sebagai binaan dari UPK .

Tahun ini pelaksanaan Jambore UPK di pusatkan di Kabupaten Maros, kegiatan Jambore UPK berlangsung selama tiga hari   dengan agenda kegiatan Pameran dan Seminar.

                                           Gambar
 
    Dengan semangat bangga membangun desa,UPK PNPM Kab Enrekang  hadir di Jambore UPK kali ini dengan menyertakan delapan  orang  wakil  UPK dari setiap Kecamatan yang mendapatkan alokasi  PNPM-MPd, juga turut serta FASKAB dan FASKEU. PNPM MPd Kab.Enrekang.
  Pada pelaksanaan pameran,stand UPK PNPM-MP Kab.Enrekang,memamerkan berbagai jenis hasil produksi pertanian dan industry kecil/rumah tangga dalam binaan kelompok SPP dengan ciri khas Enrekang Massenrempulu, diataranya ada  Baje’ Kotu,Dodol Malino,Kripik Dangke beserta Dangkenya, dll. Untuk hasil pertanian ada Beras Ketan Merah (Pulu’ Mandoti),Kol,Tomat,BuahMahkota Dewa,Bawang Merah(Bawang Goreng),Salak dll semua nya di datangkang langsung dari kecamatan tempat di produksinya. 
                                       Gambar
Kunjungan Wakil Gubernur Sul-Sel di Stand Pameran UPK Kab.Enrekang
Selama acara pameran berlangsung ada beberapa jenis produksi yg jd primadona pengunjung,,diantaranya Buah Salak, Dangke(susu sapi yg di bekukan) bahkan untuk produksi  Dangke, Bpk Wakil Gubernur saat kunjungannya ke Stand UPK Kab.Enrekang  memborong sisa Dangke yg masih ada.
Jika dibandingkan dengan acara Jambore UPK di tahun lalu,pameran hasil produksi UPK PNPM Kab.Enrekang kali ini lebih mendapatkan respon dari pengunjung,dimana barang-barang pameran lebih cepat habis.
Acara pameran ini di tutup sore hari,selanjutnya acara seminar di hari ke dua,adapun seminar tersebut secara resmi di buka oleh PJOK Provinsi ,inti acara yang kami tangkap di acara seminar , ialah bagaimana pola pengembangan SPP .
Dan yang menjadi narasumber dalam seminar adalah perwakilan dari  Bank Rakyat Indonesia, selanjutnya dalam sesi acara share pendapat, perwakilan dari  UPK menyampaikan keluhan keluhan yang terjadi selama ini mengenai pelayanan Bank BRI sebagai mitra PNPM. Perwakilan UPK mengharapakan agar Bank BRI lebih meningkatkan pelayanannya terhadap UPK dalam hal proses pencairan dan pembukaan rekening dimana selama ini UPK merasa di persulit dalam proses tersebut.
      Selanjutnya,di dalam seminar  Bapak PJOK Provinsi menyampaikan, “agar segera di usahakan UPK  mempunyai legitimasi , landasan hukum sebagai salah satu organisasi/lembaga yg diakui karena sampai saat ini baru BKAD yg sudah ada payung hukumnya.
                                               Gambar
 SuasanaStand Pameran UPK PNPM-MPd Kab Enrekang
Sampai dengan bulan Maret 2012 jumlah UPK di Provinsi Sul-Sel  sebanyak 261 buah di 21 Kabupaten jadi sangat disayangkan nantinya setelah program  berakhir, UPK ini tidak jelas arahnya” demikian di sampaikan Bpk PJOK Provinsi.
Selajutnya kami informasikan Data Kelompok SPP Tahun 2012 untuk Kabupaten Enrekang,Jumlah Kelompok sebanyak 311,Anggota kelompok 3,100 dengan jumlah pinjaman Rp 5,398,681,258. Adapun total Dana yg dikelola (Total Asset Dana Bergulir:Kas,Bank dan Pinjaman) Rp 8,496,777,413,Tingkat Prosentase Pengembalian  97.90 %, Total Tunggakan  Rp 436,201,380 (1%), dan satu kebanggaan sekaligus motivasi  UPK Kab Enrekang, dimana untuk data pertumbuhan modal dana SPP  Kab.Enrekang  jadi yg paling tinggi pertumbuhannya sd  tahun ini, Modal Awal  Rp 5,709,607,843 Jumlah Dana saat ini Rp 8,496,777,413 prosentase pertumbuhan modal sebesar  49%. (sumber data diambil dari modul seminar Jambore UPK 2012)
Setelah seminar secara resmi di tutup oleh PJOK Provinsi ,berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan Jambore UPK tahun ini.
Harapan segala bentuk dinamika dari kegiatan Jambore kali ini ,akan menjadi bekal di Jambore berikutnya.
 Oleh : Masry Tamar Jaya ( Sekretaris UPK Kec.Baraka)

   

                                                            

Iklan

One Comment

  1. Heya! I understand this is kind of off-topic however
    I needed to ask. Does operating a well-established website like yours require a lot
    of work? I’m brand new to running a blog but I do write in my diary every day.
    I’d like to tart a blog soo I will be abe to share my own expetience andd virws online.
    Please leet me know if you have any recommendations
    or tips foor brand new aspiring bloggers. Thankyou!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: