Skip navigation

Kelajutan dari artikel yang saya muat di blog detik,  kali ini saya kembali menggoreskan sebuah artikel religi yang saya angkat dari Buku “Soal Jawab Tentang Berbagai Masalah Agama ” Karangan A.Hassan dkk  tepatnya di Bab I  mengenai Thaharah, disana saya membaca tentang sebuah pertanyaan mengenai masalah Najis tdknya Minyak Wangi yang bercampur alkohol di pakai di badan atau pakaian..???

Lengkapnya dari sebuah pertanyaan tersebut

Soal      : Apa hukum minyak wangi yang bercampur alkohol dipakai dibadan atau pakaian ?

Jawab : Arak atau alkohol itu, menurut Qur’an dan Hadits, sudah tentu haram diminum. Di Qur’an atau dari Hadits atau dari sahabat sahabat tidak ada satupun keterangan yang menunjukkan arak itu najis.

Memang ada tersebut dikebanyakan kitab-kitab fiqhi mutaakhkhirin(ulama yg sesudah abad ke III/thn ke 400 H) bahwa arak itu najis.Kalau kena badan atau kain,wajib di cuci;dan adapun dongengan dari orang-orang madzhab Hanafi, bahwa tangan yang kena arak itu, mesti dipotong.

Tapi itu adalah fikiran orang-orang yang menyangka, bahwa fikiran-fikiran itu hukum Agama.

Boleh jadi mereka menyangka bahwa tiap-tiap yang haram itu hukumnya najis. Tapi yang mengherankan mengapa mereka menghukumkan racun itu najis,sedangkan meminum /makan racun itu hukummnya haram.

Ringkasnya :

  • Arak itu haram diminum. Kalau kita akan menggunakan tempat minum dan makan bekas arak, wajib di cuci dulu,karena bila terminum/makan bekasnya sama dengan meminumnya.
  • Tidak ada satupun daliel Agama yang mengatakan, bahwa kain, baju atau badan kita, kalau kena arak,wajib dicuci. Lebih lagi tidak ada daliel yang mengatakan tidak sah sembahyang seseorang yang pakaiannya, badannya atau tempat sembahyangnya kena arak. 

Kalau ada keterangan dari Allah SWT atau RasulNya, mintalah kiyai-kiyai unjukkan.

Singkatnya demikian soal jawab tersebut sobat ,…smoga dpt menambah perbendaharaan ilmu kita ttg masalah keyakinan. 😛

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: