Skip navigation

Akun facebook-ku yang lama ternyata bermasalah dengan login fb, tapi untung saja nggak sampai diblokir. Tulisannya gini nih ‘Your Account is Temporarily Locked‘, maksudnya akun anda untuk sementara dikunci atau tidak bisa diakses. Mungkin anda juga sering bermasalah dengan facebook login, yuk mari kita intip secara lengkap dan akurat hal-hal yang menyebabkan akun fb anda tidak bisa dibuka dan bagaimana solusinya.

Facebook Login biasanya dikunci bahkan juga diblokir karena akun anda dicurigai oleh pihak facebook, ditemukan adanya kebiasaan-kebiasaan tidak wajar. Maksudnya?, ya banyak sekali penyebabnya, disini aku akan membahas beberapa saja yang penting. Tips di bawah ini bukan copy paste, ini pengalaman pribadi, mengingat aku juga sering dimintai tolong teman-teman untuk mengatasi masalah FB Login.

Facebook Diblokir

0. Ketika anda mengalami masalah lupa password/kata sandi FB, anda mengabaikan petunjuk-petunjuk yang berikan oleh pihak facebook. Dan anda terus berusaha untuk memasukkan beberapa password yang anda ingat.
1. Anda mem-flood atau membanjiri status orang lain secara berlebihan, seperti komen dan like. Biasanya hal seperti ini terjadi ketika anda menggunakan aplikasi facebook bot.
2. Anda sering gonta-ganti device dan sering kali lupa me-log ut facebook. Device disini diartikan perangkat yang anda gunakan untuk mengakses facebook, seperti tipe hp dan komputer.
3. Adanya banyak pihak yang melaporkan Akun FB anda ke pihak facebook, terutama dalam hal penyalahgunaan (abuse).
4. Adanya pihak lain yang berusaha untuk mencuri akun fb anda, istilahnya hack facebook. Hal ini terjadi akibat kesalahan anda sendiri, anda membiarkan orang lain mengetahui email anda atau anda terperangkap dalam jebakan para hacker.
5. Anda sering gonta-ganti IP Address (alamat ip), dan yang parah jika anda tidak logut facebook terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara membuka akun facebook error yang dikunci?, secara umum ketika anda login, anda akan dialihkan ke facebook checkpoint. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tutorial di bawah yang lengkap beserta gambarnya.

1. Login dulu ke facebook, pastikan anda menggunakan PC untuk memudahkan, atau seenggkanya gunakan handphone yang teknologinya canggih. Lalu anda akan dialihkan ke facebook.com/checkpoint/. Klik Continue.

2. Masukkan teks atau captcha yang tertera, lalu klik Submit.

3. Kemudian akan ada tiga pertanyaan identitas yang harus anda pilih salah satu. Disini aku memilih tanggal lahir saja karena itu yang ku ingat, lalu klik Submit.

4. Masukkan tanggal lahir anda, lalu klik Submit.

5. Selanjutnya pada tahap Sharing Location atau berbagi tempat anda sekarang. Tunggu hingga muncul pop-up di browser anda (biasanya di bawah url address), klik Allow/izinkan. Lalu klik Continue.

6. Klik Continue lagi.

7. Nah sekarang tuh ada alasan mengapa akun anda dicurigai pihak facebook. Kalau pada gambar, punyaku gara-gara gonta-ganti IP Address dan Device. Klik saja This is Okay.

8. Selamat Akun Facebook anda sudah bisa diakses kembali.

Nah bagimana tips mengatasi akun fb yang diblokir?, namanya juga sudah diblokir, ya nggak mungkin bisa dibuka lagi. Tuh juga kesalahan anda sendiri, pihak facebook tidak mungkin langsung memblokir akun anda. Biasanya, ada pemberitahuan terlebih dahulu yang dikirim ke email anda, jadi rajin-rajinlah mengecek email anda.

Lalu gimana donk cara facebook-an dengan aman, tanpa masalah?, waduh kalau itu dibahas di topik tersendiri saja. Nih udah panjang lebar banget penjelasannya. Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda. Apabila anda kurang mengerti, silahkan bertanya, dengan senang hati aku akan coba membantu.

Update 24 Juni 2013
Karena banyaknya pembaca yang mengalami masalah akun facebook yang dikunci dan kebanyakan dari anda gagal melakukan verifikasi, terlebih mengenali foto-foto teman facebook. Kemudian anda disuruh mengunggah atau mengupload identitas diri resmi, tapi banyak yang bingung caranya. Berikut ini, beberapa percobaan yang aku lakukan untuk membantu anda.

Nama Asli Kartu ID
Jika anda menggunakan nama samaran atau bukan nama asli anda, dapat dipastikan anda gagal melakukan verifikasi ini, dan sediakanlah tisu karena akun anda akun ditutup he he.

Nah karena namaku juga asal-asalan, jadi aku tidak bisa mencobanya. Namun aku coba melakukan pendekatan analogi dengan cara mengubah nama facebook yang limit atau mencapai batas maksimal. Ternyata caranya juga sama, anda harus mengunjungi halaman ini dan mengharuskan mengupload kartu identitas.

Setelah itu, pihak facebook akan mengirimkan pesan email ke anda, seperti gambar di bawah ini. Dan pada intinya, anda akan disuruh mengupload dua ID lainnya dan membalasnya ke email tersebut. Waduh ribet juga ternyata, setelah itu pihak facebook akan mengurusnya.

Kesimpulan Verifikasi ID
– Jika nama akun fb anda bukan nama asli, 99% anda akan gagal, kecuali jika anda menghubungi pihak facebook langsung.
– Jika anda menggunakan nama asli, tapi anda tidak lagi dapat mengakses email login facebook atau nomor hp yang sudah diverifikasi atau email alternatif, 80% anda akan gagal karena pihak facebook tidak bisa mengirim pesan  email/sms untuk langkah selanjutnya.
– Jadi cara yang dipastikan 99% berhasil adalah jika nama fb anda adalah asli, kemudian anda mengunggah  ID, setelah itu mengecek email dan mengikuti petunjuk selanjutnya. Kemungkinan besar, langkah selanjutnya seperti pada gambar di atas, anda disuruh membalas pesan tersebut beserta dua ID lainnya.

Note:
Kartu identitas diri yang bisa anda gunakan harus memenuhi kriteria berikut ini:
– ID yang diakui e-ktp, kartu pelajar, kartu kerja, surat kawin, kartu kredit, akta kelahiran.
– Pada ID harus ada nama lengkap, data kelahiran dan foto.

Semoga bisa membantu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: