Skip navigation

D33's open book

Saya lumayan banyak dapat pertanyaan tentang perkembangan bicara anak cbl, baik yang sudah ikut terapi wicara maupun belum.  Sebenarnya, kemampuan bicara satu anak dengan yang lainnya tidak bisa dibanding-bandingkan karena setiap anak memiliki kemampuan belajarnya sendiri-sendiri.  Apabila orang tua khawatir dengan perkembangan bicara anak, bertanya-tanya apakah anak terlambat bicara atau tidak, sebaiknya orang tua segera membawa anak ke terapis wicara.

Terapis wicara biasanya praktek di klinik-klinik khusus atau di bagian Rehabilitasi Medik rumah sakit.  Diagnosa dari dokter rehabilitasi medik dan/atau terapis wicara akan lebih menjelaskan tentang kondisi anak.  Membawa ke terapis atau dokter rehabilitasi medik menjadi lebih penting untuk anak dengan celah bibir dan langit-langit, karena bila terlambat, kondisi suara sengau pada anak akan lebih sulit dihilangkan, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk terapi.

Tapi, untuk menjawab rasa penasaran yang ada sekarang, di bawah ini ada beberapa kata-kata yang mampu diucapkan Rael anak saya, ketika masih berusia 21 bulan dan belum…

Lihat pos aslinya 547 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: